Tuesday, February 25, 2020

Open Trip Murah Malaysia 4D3N (Tour Leader Version)

Persiapan:
Setelah konfirmasi kepastian dari peserta trip (terbukti dengan transferan DP; kalau belum DP artinya belum pasti berangkat yakkk... jangan berspekulasi bahwa kita bisa menanggulangi biaya diawal, bisa rugi bandar kalau belum DP 😂)
- Pilih waktu keberangkatan, jangan saat week end, masa liburan atau hari2 besar. Karena biasanya semua biaya akan naik saat-saat itu. Nah lo, emang ada yang mau berangkat saat tidak liburan??? Jawabannya tentu ada, yang penting komunikasikan! Kalaupun ada yang minta saat liburan, sah sah saja namun komunikasikan bahwa biaya akan lebih tinggi saat itu. Simple kan.

- Hunting tiket murah dan langsung booking aja klu cocok (langsung di web maskapai atau bisa via traveloka, tiket.com, nusatrip, utiket, dll). Semakin dekat waktu keberangkatan maka semakin mahal tiket pesawat, makanya kudu kasih jeda waktu yang panjang minimal 1 bulan menjelang berangkat klu mau dapatkan tiket yang lebih murah.

- Hunting penginapan, sesuaikan dengan kebutuhan peserta trip. Mau nginap di apartmen atau hotel. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangan fasilitas yang tersedia. (Lebih murah kalau sewa apartmen karena bisa share cost dan bahkan bisa lebih mewah). Bisa di check di aplikasi trivago untuk membandingkan mana biaya yang cocok antara beberapa aplikasi penyedia penginapan seperti booking.com, agoda.com, dll. Kalau i pribadi sih sering make booking.com dan agoda.com sekaligus. Karena kadang banyak discount dan promonya. Andaikita tidak memiliki CC, ada pilihan untuk bayar ditempat saat check in. Kita juga bisa memilih fasilitas penginapan yang menyediakan sarapan atau tidak. This Up to You.

- Menyusun Itinerary... nah.. ini penting gaesss, karena kita harus mengetahui destinasi apa aja yang akan kita kunjungi selama perjalanan, perkirakan berapa lama kita menghabiskan waktu untuk mencapai lokasi (dari daerah asal ke Malaysia) dan selama di Malaysia. Berikut I berikan contoh itinerary Opentrip yang I lakukan tanggal 22-25 Desember 2019 lalu (pas peak season nih):

Day 1
flight dari Padang - Kuala Lumpur
Day 2
Batu Cave - KL City tour (Masjid Negara Malaysia - KL City Gallery - Medan Merdeka - Medan Mara - Aquaria - KLCC Petronas Twin Tower)
Day 3
Genting Highland (awana evenue skyway - Chin Swee Temple - Genting) - Menara KL Tower - Mydin
Day 4
Fight Kuala Lumpur - Padang

- Tentukan transportasi apa yang digunakan selama trip (sewa bus/transportasi umum seperti Train, Komuter, Bus GO KL yg Gratis, Grab) komunikasikan dengan peserta trip sehingga tidak ada yang kecewa.

- Hitung semua Biaya yang dikeluarkan.. musti belajar tentang budgeting yaaa supaya ndak kebablasan. Biaya yang terjadi selama perjalanan itu meliputi:
💰 Transportasi
💰 Penginapan
💰 Tourism tax (biasanya ditambahkan di biaya penginapan)
💰 Konsumsi
💰 Tiket masuk wisata/wahana



Jika ada pertanyaan, atau mau diskusi yukk tinggalkan jejakmu di kolom comments.
😍HAPPY TRIP 😍



No comments:

Post a Comment